Kegiatan

Alumni UNUSU Harus Mampu Bersaing di Dunia Kerja

Alumni UNUSU Harus Mampu Bersaing di Dunia Kerja

Kamis, 07 April 2022
Tags:

MEDAN, Waspada.co.id – Para alumni atau lulusan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) harus mampu bersaing di dunia kerja, khususnya dalam era 4.0 ini. Untuk hal itu, UNUSU terus melakukan sejumlah pembenahan dengan berbagai aspek, salah satunya meningkatkan kualiatas lulusan, dosen, dan kurikulum.

“Saat ini sasaran utamanya adalah dosen. Mereka sebagai tenaga pengajar tidak boleh hanya bekerja di dalam kelas, tapi juga di luar kelas, seperti melakukan sejumlah penelitian dan lainnya demi meningkatkan kualitas mahasiswa dan kurikulum,” demikian dikatakan Rektor UNUSU, Dr Ibnu Affan SH Mhum dalam Wisuda Sarjana dan Diploma Angkatan III UNUSU tahun 2022 di Medan, Senin (28/3).

 

Dikatakan Rektor UNUSU, pada Wisuda Sarjana dan Diploma Angkatan III UNUSU tahun 2022 ini akan dilantik/diwisuda sebanyak 190 orang wisudawan-wisudawati yang berasal dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 168 orang. Prodi Sistem Informasi sebanyak 6 orang, Prodi Agribisnis sebanyak 1 orang, Prodi Budidaya Pertanian sebanyak 1 orang.

“Lalu Prodi Manajemen sebanyak 5 orang dan Prodi Analis Kesehatan sebanyak 9 orang. Untuk mahasiswa Analis Kesehatan ini telah dinyatakan Kompeten sebagai seorang Ahli Tenaga Laboraturium Medis (ATLM) lulus dalam Ujian Kompetensi Nasional (UKOMNAS) pada 15 Desember 2021 lalu yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

 

Dirinya berharap kepada para lulusan agar bisa terus berkarya di wilayah profesional yang anda minati, sekaligus sebagai lulusan Universitas Nahdlatul Ulama, di mana nilai-nilai ke-NU-an diinternalisasikan di dalamnya.

“Kami juga berharap para lulusan bisa berkarya di atas landasan spirit dan etik Nahdlatul Ulama. Sebab itu, para alumni UNUSU harus menjadi Profesional NU. Siap berkarya di berbagai bidang profesi, keilmuan, dan keahlian tanpa harus tercerabut akar identitas moralnya sebagai seorang Nahdiyin,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumatera Utara, Prof Dr Ibnu Hajar Damanik MSi mengatakan jika kehadiran UNUSU bukan sekadar simbol. Tapi sudah mampu menunjukkan eksistensi dalam dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi.

“Untuk itu, UNUSU diharapkan dapat terus mampu untuk meningkatkan kualitasnya demi melahirkan para alumni yang berkualitas dan berdaya saing. Saya mampu UNUSU mampu untuk melakukan itu semua,” tegasnya.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Nizar M.Ag, Wakil Bupati Deliserdang H.M. Ali Yusuf Siregar, Lembaga dan Banom NU Sumut, serta undangan lainnya. (wol/ari/d1)